Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM

Strategi internet marketing untuk pemasaran produk UKM sebenarnya amat diperlukan, bagaimana tidak? Di berbagai belahan dunia telah berlangsung sebuah ledakan digital yang berakibat hebat bagi kemudahan manusia dalam berkomunikasi dan melakukan transaksi, tak terkecuali di Indonesia yang juga merasakan efeknya, dapat dilihat dari merebaknya trend jual-beli secara online terutama pada pasar fashion dan gadget yang kini ramai digandrungi.
internet marketing untuk pemasaran produk UKM
internet marketing

Era digital telah menggiring manusia pada sebuah kebiasaan baru, membaca berita, berkomunikasi dengan kerabat dan melakukan transaksi jual beli semua dilakukan hanya dengan menggerakan ujung jari kita diatas keyboard computer atau layar sentuh gadget yang memiliki koneksi internet. dan hasilnya tiap tahun dunia maya menjadi semakin ramai disibukan oleh aktifitas orang-orang.

Untuk artikel yang pertama kali saya tulis diblog ini, saya akan mengecilkan tema pembahasan ‘kehebatan internet’ kelingkup yang lebih spesifik, sesuai dengan judulnya internet marketing untuk pemasaran produk UKM, ya, kita akan membahas strategi internet marketing untuk kebutuhan sebuah UKM (usaha kecil menengah).

Melakukan kegiatan branding di jagat maya bukan hanya bisa dilakukan oleh perusahaan raksasa kelas dunia saja, namun bagi siapapun yang serius menggeluti dunia bisnis online asal paham soal strategi internet marketing yang tepat tentu bisa menghasilkan konversi penjualan yang nilainya bakal lebih besar ketimbang Anda melakukan strategi pemasaran dengan cara konvensional/offline.

Beberapa tahun lalu, belanja online adalah kegiatan yang paling dihindari oleh kebanyakan orang, karena saat itu dunia digital belumlah populer seperti sekarang, selain itu karena alasan ‘keamanan’ yang membuat orang-orang tetap bertahan untuk melakukan transaksi jual beli secara langsung. Namun kenyataannya sekarang telah berputar, dunia maya kini seolah menjadi kehidupan kedua yang tak pernah sepi, terlebih ketika smartphone sudah menjadi barang yang seolah ‘wajib’ dimiliki oleh setiap orang, kemudahan mengakses internet akan menjadikan dunia maya sebagai ladang bisnis yang subur serta dukungan dari system keamanan situs/forum jual-beli yang semakin baik akan menambah tingkat kepercayaan orang-orang dalam melakukan aktifitas jual beli.

Semakin ramainya pengguna internet membuat para pelaku bisnis UKM mulai melirik dan terjun keranah yang lebih kompetitif ini untuk meninggalkan cara-cara lama yang banyak membuang biaya, tenaga dan waktu yang membuat kepala jadi cenat-cenut jika tak berhasil menutupi kekurangan modal dengan penghasilan yang didapat. bayangkan jika sampai saat ini kita hanya mengandalkan cara-cara konvensional yang para target pasarnya pun sudah beralih kedunia maya dengan alasan ‘praktis dan mudah’ tentu perlahan bisnis Anda akan tergeser oleh kompetitor yang cerdas mengambil langkah internet marketing untuk pemasaran produk UKM mereka.

Untuk itu membuat suatu website sebagai central activity amatlah perlu bagi sebuah UKM demi strategi internet marketing untuk pemasaran produk UKM, agar segala informasi produk dapat ditampilkan dengan baik, jangan lupa pula untuk memperhatikan kualitas hosting dari segi kapasitas penyimpanan, speed, dan sebagainya agar website Anda juga bisa diakses degan mudah oleh visitor. Hosting yang buruk akan menghambat penyampaian informasi kepada calon konsumen.

Demikian artikel mengenai internet marketing untuk pemasaran produk UKM semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru Anda untuk bisnis online, sebelum artikel ini saya akhiri sekedar informasi bahwa tulisan ini saya buat dalam rangka ulang tahun kelas seo online yang sedang saya ikuti yaitu kelas pejwan yang beralamatkan di www.kelaspejwan.com, terimakasih.

1 Response to "Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM"